Tulisan-tulisan yang ada di dalam blog ini dibuat dengan bersusah payah. Hargailah dengan TIDAK meng-COPY/PASTE.

Minggu, 07 Februari 2010

KENDALA DALAM NGEBLOG

Sering kita temui, banyak sekali blog yang tidak ter-update atau bahkan terbengkalai tidak terurus. Mungkin salah satunya blog ini. Hampir! Berdasarkan pengalaman, pendapatku di bawah ini mungkin bisa menjelaskan kenapa sebuah blog bisa sampai terbengkalai.
LautanKata
1. Konsistensi
Mungkin ini hal tersulit dalam ngeblog. Apa lagi yang hanya sekedar ingin mencoba. Dalam awal-awalan blog ini, aku begitu menggebu-gebu dalam membuat artikel maupun cerita. Tapi, seiring berjalannya waktu, produktifitas membuat artikel semakin menurun. Menjaga semangat ngeblog adalah hal yang sulit.

2. Kebuntuan Ide
Dalam menulis apapun, yang kita butuhkan adalah sebuah ide. Jika tidak ada ide untuk menulis, mungkin blog akan terbengkalai sampai kita mendapatkan ide yang baru untuk ditulis. Blog ini, kendala terbesarnya adalah kehabisan ide. Keinginan untuk meng-update blog selalu ada, tetapi terganjal oleh ide yang tak kunjung didapat.
LautanKata
3. Waktu dan Biaya
Bila kita tidak mempunyai PC, tentu kita akan ke warnet untuk meng-update blog kita. Tentunya butuh biaya dan waktu khusus.

Meski banyak sekali kendalanya, aku bermimpi untuk bisa mensejajarkan blog ini dengan blog papan atas lainnya. Mungkinkah itu? Kucoba saja.

Oleh Jannu A. Bordineo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang santun dan sesuai dengan isi tulisan.