Tulisan-tulisan yang ada di dalam blog ini dibuat dengan bersusah payah. Hargailah dengan TIDAK meng-COPY/PASTE.

Rabu, 07 Agustus 2019

[Esai] Mati Listrik Jabodetabek: Selamat Datang di Indonesia, Saudara-Saudaraku di Ibu Kota

Meme nemu di kolom komentar fb. Penulis, Kalimantannya sebelah timur.
Mati Listrik Jabodetabek: Selamat Datang di Indonesia, Saudara-Saudaraku di Ibu Kota
Esai oleh Jannu A. Bordineo

Benar bahwasanya pusat ekonomi Indonesia berada di Jakarta dan sekitarnya. Segala kegiatan ekonomi terpusat di sana—menjadi bukti bahwa keterpusatan dan ketimpangan itu nyata adanya. Tapi seberapa banyak yang tahu dan mau tahu, peduli, bahwa kejadian seperti ini (mati listrik) kerap kali terjadi di luar pulau Jawa. Dan ketika peristiwa serupa terjadi di daerah, sampaikah kabarnya di telinga kalian yang berada di sekitaran ibu kota? Pedulikah kalian?

Walaupun mati listrik itu terjadi di daerah yang notabene bukan pusat ekonomi seperti Jabodetabek, tetap saja membawa banyak kerugian, apalagi jika frekuensi kejadiannya sudah seperti rutinitas yang menyaingi minum obatnya orang sakit—kalau durasinya tidak perlu kalian bayangkan.

Maka, munculnya tanggapan dari warga di daerah (seperti meme yang kutemukan dan kuunggah di tulisan ini), atas kehebohan—baik oleh media massa maupun warga terdampak—yang timbul menyertai matinya listrik di Jabodetabek, dapatlah dimaklumi. Kesannya memang menyindir banget, tapi percayalah, tidak ada maksud menyepelekan. Saudara-saudara yang di daerah (termasuk yang menulis) mafhum betul rasanya mengalami mati listrik. Meme-meme ini bisa dijadikan pengingat akan besarnya diversitas—dalam hal ini kelistrikan—antara pusat dengan daerah, diversitas yang coba direduksi oleh pemerintahan sekarang. Dan boleh jadi, meme-meme ini adalah cara kekinian dari warga di daerah dalam menyampaikan keinginannya akan keadilan, karena selama ini suara dari daerah sepertinya sulit sekali menembus ingar bingar ibu kota. Suara meminta keadilan…. Coba pikirkan. Bukankah suatu ironi, daerah penghasil batubara seperti Kalimantan, listriknya biarpet?
Foto satelit yang memperlihatkan wilayah Indonesia di malam hari. Hak cipta, kalau tidak salah ini punya NASA.

1 komentar:

  1. You can find a theme you 메리트카지노 love on|you like} and resolve whether you wish to play high-volatility slots or basic slots. Aristocrat is an Australian-based gaming company that offers its providers to more than 200 jurisdictions across the globe. The software developer has one of the largest collections of pokies and is second solely to IGT. The fast progress of the online gambling trade has led to a consequent progress in the number of slots. You can now find a plethora of them with new themes, great graphics, and unique features that can definitely be intriguing. The territory of Puerto Rico places significant restrictions on slot machine possession, however the regulation is extensively flouted and slot machines are widespread in bars and coffeeshops.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang santun dan sesuai dengan isi tulisan.