Tulisan-tulisan yang ada di dalam blog ini dibuat dengan bersusah payah. Hargailah dengan TIDAK meng-COPY/PASTE.

Minggu, 08 Agustus 2010

U-BOAT: THE BATTLE OF THE ATLANTIC

Sampul depan
Judul: U-Boat: The Battle of The Atlantic
Pengarang: Ari Subiakto
Tebal: 220 Halaman
Penerbit: Penerbit Narasi
Tahun: 2010

Saat kapal perang Royal Oak meledak, hampir semua pasng mata melihat ke atas. Lampu-lampu sorot diaktifkan untuk mencari pesawat pembom Jerman yang telah telah menyebabkan semua kehancuran ini.

Rupanya mereka masih saja mengira bahwa semua itu adalah perbuatan pesawat pembom Jerman. Tidak ada seorang pun yang melihat U-47, padahal sebagian menara anjungannya masih muncul di atas permukaan air. Sekitar lebih dari satu mil dari tempat itu, Prien mengamati dari atas menara anjungan kapal selamnya, detik-detik tenggelamnya Royal Oak.
LautanKata
Itulah sedikit kisah sepak terjang armada U-boat (kapal selam) Jerman dalam Perang Dunia II yang tersaji dalam buku ini. Sebuah "Mission Impossible" yang diemban oleh U-47 pimpinan Kapitanleutnant (Kapten) Gunther Prien untuk menyusup ke Scapa Flow, pangkalan kapal perang sekaligus benteng terkuat armada AL Inggris yang dipandang sebagai benteng yang tidak dapat ditembus.

Selain menyajikan aksi-aksi armada U-boat selama Perang Dunia II, buku ini juga menyajikan data-data mengenai U-boat yang digunakan selama perang, taktik serangan, kondisi sebelum perang dan juga masalah-masalah yang dihadapi oleh armada U-boat selama perang. Apa yang disajikan buku ini dapat menambah wawasan dan informasi yang bahkan mungkin tidak kita dapatkan dalam buku-buku sejarah di sekolah.
LautanKata
Dengan gaya penceritaan yang menarik tentang keberanian para awak U-boat, serta penggambaran peristiwa-peristiwa besar di medan pertempuran secara rapi akan membuat kita bertahan untuk membaca keseluruhan isi buku ini.

[Gambar diambil dari google. Seluruh informasi diambil dari isi buku dan telah diedit dengan sedikit penambahan.]

Oleh Jannu A. Bordineo

2 komentar:

  1. buku menarik, nih!
    di gramedia ada nggak?

    BalasHapus
  2. Tentu! Aku belinya juga di gramedia.

    BalasHapus

Berkomentarlah yang santun dan sesuai dengan isi tulisan.