Tulisan-tulisan yang ada di dalam blog ini dibuat dengan bersusah payah. Hargailah dengan TIDAK meng-COPY/PASTE.

Minggu, 20 Desember 2009

GAJAH DI PELUPUK MATA TIDAK TERLIHAT, SEMUT DI SEBERANG LAUTAN TERLIHAT

Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang lautan terlihat berarti kesalahan orang lain di besar-besarkan, kesalahan diri sendiri di tutup-tutupi.
Sebuah peribahasa yang tentunya sudah anda ketahui. Peribahasa itu menggambarkan sifat asli manusia, yaitu tidak mampu merasakan kesalahannya sendiri, tapi mampu merasakan kesalahan orang lain.
LautanKata
Tidak hanya mencakup kesalahan saja. Bisa juga dengan tidak mengakui kelebihan seseorang, padahal dirinya sendiri penuh kekurangan dan lain sebagainya, yang jelas ciri khasnya adalah apa yang ada pada diri sendiri(kekurangan) tidak kita ungkit-ungkit, tetapi kekurangan pada diri orang lain kita bicarakan. Jika kita terus-menerus memelihara sifat itu, akan berdampak negatif bagi diri kita. Seperti berprasangka negatif, membicarakan kekurangan seseorang, yang pada akhirnya mengganggu kehidupan sosial kita.
Semua itu merupakan bawaan lahir manusia. Tidak mungkin bisa dihilangkan. Karena tidak ada manusia yang sempurna. Tapi kita bisa menekan sifat itu, sehingga tidak berdampak negatif bagi kita.
LautanKata
Jadi apapun itu, cobalah untuk tidak membicarakan sesuatu hal yang tidak baik. Lebih baik kita membicarakan kelebihan orang lain, karena itu dapat memberi motivasi pada diri kita untuk menjadi lebih baik.

Oleh Jannu A. Bordineo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang santun dan sesuai dengan isi tulisan.