Tulisan-tulisan yang ada di dalam blog ini dibuat dengan bersusah payah. Hargailah dengan TIDAK meng-COPY/PASTE.

Senin, 13 Desember 2010

SOSOK DIBALIK KEBANGKITAN TIMNAS SEPAKBOLA INDONESIA

Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2010 dengan melumat habis lawan-lawannya di penyisihan grup,  termasuk mengalahkan Thailand dengan skor 2-1. Optimisme pun merebak dikalangan pecinta sepakbola tanah air bahwa Indonesia akan  menjadi juara kali ini dan untuk pertama kalinya.
LautanKata
Timnas sepakbola Indonesia yang selama ini seperti "mati suri" akhirnya bangkit kembali dengan beberapa kemenangan yang spektakuler. Tidak bisa dipungkiri, ini merupakan buah dari kerja keras pemain dan pelatih, tentunya dukungan suporter yang fanatik juga. Tapi saya lihat ada beberapa sosok yang sangat berpengaruh dalam bangkitnya sepakbola tanah air.

Cristian Gonzales
Tentu anda sudah kenal dengan pesepakbola yang satu ini. Seorang raja gol di liga Indonesia. Keinginannya untuk menjadi WNI dan membela timnas akhirnya terwujud setelah pada tanggal 1 November 2010 mendapatkan kewarganegaraan Indonesia dan kemudian dipanggil untuk membela timnas sepakbola Indonesia di Piala AFF. Keberadaannya dalam tim mampu mengangkat mental pemain-pemain timnas lainnya sehingga tumbuh kepercayaan diri untuk menang.

Aksi Cristian Gonzales saat lawan Malaysia
 
Memang saya akui, kemampuan individu pemain "asli" Indonesia setara dengan pemain asing yang ada di liga, tapi mereka memiliki kelemahan dalam mental bertanding. Dan kehadiran Cristian Gonzales di tengah-tengah pemain timnas mampu mengangkat kepercayaan diri rekan-rekannya.
LautanKata
Secara kemampuan, Gonzales memang memiliki skil yang mumpuni. Sangat mematikan dan berbahaya jika berada dalam kotak pinalti lawan. Jarang membuang peluang yang didapat. Kemampuannya sudah terbukti di pentas Liga Indonesia.

Irfan Bachdim
Idola baru pecinta sepakbola tanah air ini sangat populer di Indonesia. Namanya baru-baru ini mencuat. Pemain keturunan ini memiliki skil yang cukup baik. Tapi, ketenangannya di lapanganlah yang membuatnya berbeda dengan pemain lainnya.

Irfan Bachdim saat merayakan golnya

Meskipun kemampuannya setara atau mungkin sedikit dibawah Arif Suyono, tapi ketenangan dan kontrol bola yang baik membuat Irfan sangat berbahaya bagi lawan-lawannya. Bersama-sama dengan Cristian Gonzales, Irfan Bachdim mampu mengangkat kepercayaan diri rekan-rekannya saat bertanding.
LautanKata
Kenapa sosok yang saya anggap berpengaruh akan kebangkitan timnas sepakbola nasional adalah pemain-pemain naturalisasi? Hal ini karena saya melihat kehadiran mereka berdua mampu mengangkat moral tim di lapangan. Skil pemain lokal juga bagus, sayang kepercayaan diri saat bertanding di level timnas seakan-akan hilang dan kehadiran Gonzales dan Irfan seakan menjadi motivator bagi rekan-rekannya.

Terakhir, semoga timnas kita mampu bermain baik terus sampai final dan menjadi juara Piala AFF untuk pertama kalinya. Sehingga dahaga akan prestasi sepakbola nasional bisa terobati.

(Sumber gambar: google)
Oleh Jannu A. Bordineo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang santun dan sesuai dengan isi tulisan.