Tulisan-tulisan yang ada di dalam blog ini dibuat dengan bersusah payah. Hargailah dengan TIDAK meng-COPY/PASTE.

Selasa, 28 September 2010

TIPS MENULIS (CERPEN)

Bagi yang suka menulis atau yang ingin menulis tapi belum bisa menghasilkan sebuah karya tulis, berikut ini ada beberapa tips dari saya yang saya peroleh dari pengalaman menulis saya selama ini dan juga pengalaman selama menulis di blog ini.

1. Ide Dan Bank Ide
Yang terpenting dari sebuah tulisan adalah ide. Maka dari itu, mulailah mencari ide. Karena dari ide itulah kamu bisa mengembangkan sebuah tulisan. Lalu, dari mana kita mendapatkan ide?
LautanKata
Ide dapat kita peroleh dari mana saja. Yang paling mudah ide dari pengalaman pribadi seperti cerpen saya yang berjudul Tato Macan, yang dari pengalaman saya sendiri dan saya gabungkan dengan imajinasi saya. Kemudian, ide dapat diperoleh dari lingkungan sekitar. Terakhir, ide yang berasal dari khayalan kita. Jika ide sudah didapat, kadangkala menulis begitu mudah dan mengalir tanpa henti.

Ada kalanya ide begitu sulit di dapat. Begitu juga sebaliknya, ide bisa datang bersamaan dalam jumlah yang banyak. Untuk itu, sediakanlah bank ide atau penyimpan ide. Bisa berupa buku catatan kecil atau bisa juga menggunakan telefon genggam (HP) sebagai media penyimpan ide. Apapun medianya, yang terpenting harus selalu sedia tempat untuk menyimpan ide.

Dengan menyimpan ide, kita bisa mengolah semua ide tersebut menjadi tulisan karena tidak akan terjadi lupa akan ide yang terlintas di pikiran. Dengan begitu tidak ada lagi ide yang tersia-sia.
LautanKata
2. Kembangkan Tulisan
Jika ide sudah ditangan, mulailah menulis. Kembangkan tulisanmu mumpung masih semangat dan ide masih mengalir lancar. Memang, jika menulis cerita yang panjang seperti novel, sering sekali terjadi kejenuhan dan kebuntuan ide untuk mengembangkan cerita. Ini terjadi dengan saya yang tidak selesai-selesai menulis novel.

Sebaiknya, mulailah menulis cerpen dulu karena ceritanya pendek (namanya juga cerpen, cerita pendek, tulisannya pasti tidak akan sepanjang novel). Jika masih ada ide dalam satu judul cerpen yang belum tersampaikan, bisa dibuat bersambung ceritanya. Sehingga lama-kelamaan akan terbiasa menulis yang panjang.
LautanKata
3. Lupakan Semua Teori, Tips Maupun Tuntunan Dan Cara Untuk Menulis
Menulis sajalah, apapun itu. Tidak usah hiraukan cara atau apa saja yang mungkin bisa membuat bingung. Cukup dengan menulis saja. Memulai menulis. Semakin banyak menulis semakin terbiasa dan akhirnya akan mahir dengan sendirinya.

Demikian tips menulis dari saya. Semoga bermanfaat. Jika ada tambahan dan kritikan silahkan tulis di komentar. Dan tetaplah semangat dalam menulis!

Oleh Jannu A. Bordineo

4 komentar:

  1. bagus banget...

    makasih ilmunya kaka

    BalasHapus
  2. Best Solution... Saluuuttt.. thanks bro .. salam dari NTT...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih
      salam balik dari Kaltim :)

      Hapus

Berkomentarlah yang santun dan sesuai dengan isi tulisan.