Tulisan-tulisan yang ada di dalam blog ini dibuat dengan bersusah payah. Hargailah dengan TIDAK meng-COPY/PASTE.

Kamis, 31 Desember 2009

SEBAIKNYA HINDARI SAJA

Apakah kalian senang berpetualang? Tentunya banyak kendala ketika bertualang. Terutama dari hewan-hewan liar. Berikut ada sedikit info dari saya, hewan yang sebaiknya dihindari:
LautanKata
1. Sigung


Hewan disamping terlihat sangat lucu, ya? Itu sigung. Jangan ter tipu dengan keindahannya. Banyak orang memilih menghindar dari pada berhadapan dengan sigung. Itu karena sigung mampu mengeluarkan bau yang sangat menyengat.

Jika merasa dalam keadaan bahaya sigung akan "kentut" dan baunya itu, jangan dibayangin, deh! Nggak akan mudah hilang hanya di cuci dengan sabun. Dan baunya bisa tahan lama lho! Mau coba? Hehehe....

Di Indonesia hewan ini banyak di temui di Sumatra, Jawa(hampir hilang) dan Kalimantan. Jadi jika berpetualangan di daerah tersebut atau kalau ingin mengambilnya untuk di pelihara, hati-hati akan baunya.

2. Beruang

Hewan ini lucu juga, kan? Ini hewan kesukaan lho! Tapi, meski ini hewan kesukaan, beruang masuk daftar hewan yang sebaiknya dihindari.

Ini karena, aku pernah dapat info dari seorang pemburu. Katanya sih, beruang nggak ada kelemahannya. Maksudnya nggak ada yang ditakutin. Jadi sekali beruang marah, jalan satu-satunya untuk selamat, dibunuh. Tapi aku nggak menyarankan untuk membunuh beruang yang kita temui. Kita cukup untuk tidak memancing kemarahannya saja. Toh, dalam keadaan biasa, beruang( semua hewan liar juga) akan menghindar jika ada manusia.

Jadi, untuk selamatnya, jangan ganggu hewan ini, ya!
LautanKata
3. Ular

Tentu kalian sudah tahu hewan di samping? Itu ular king cobra. Bahaya tuh, bila sampai terkena bisanya. Jika di hutan waspada jika ada hewan reptil ini, juga semua ular yang berbisa di darat maupun di laut.

Selain itu, ular-ular yang nggak berbisa juga wajib diwaspadai. Contohnya, ular piton. Reptil ini nggak berbisa, tapi bertubuh besar. Mangsa seukuran manusia, juga manusia itu sendiri, bukanlah hal yang sulit untuk mereka taklukan. Lilitan ular jenis ini yang paling ditakutin.

Tapi aku ada pemecahannya. Jika kita dililit oleh ular besar sejenis piton atau sanca, sebisa mungkin untuk melukai ular tersebut saat melilit kita. Luka sekecil apapun, asalkan sudah mengeluarkan darah akan membuat ular itu mengendurkan lilitannya. Info ini juga dari pemburu, belum saya uji!(ngapain juga di uji segala, aku mending lari aja kalo bertemu ular kayak gini!)
LautanKata
4. Ikan Batu

Ini dia hewan yang patut dihindari bagi kamu yang suka keindahan bahari Indonesia! Ini adalah ikan batu, salah satu ikan paling beracun di dunia. Banyak di temui di terumbu karang.

Yang membuat ikan ini begitu berbahaya adalah kamuflasenya yang nyaris tak terlihat. Selain itu, meski kita berdiri disampingnya, ikan ini nggak akan bergerak sama sekali. Dan bisa saja terinjak oleh kita. Jika terinjak duri-duri di punggungnya akan mengeluarkan racun yang sudah pasti berbahaya.

Tapi, asalkan durinya nggak menembus kulit kita, its ok lah! Ini sudah ku buktikan. Saat memancing, aku mendapat ikan ini, ku pegang untuk melepaskan kaitan pancing dengan tangan kosong. Dan durinya nggak menancap ke kulitku. Nyatanya tidak apa-apa(tapi dimarahin bapak!). Tapi saranku, jangan coba-coba megang ikan ini, jangan tiru kesembronoanku.
LautanKata
Tapi sebaik apapun usaha kita, sebaiknya tidak mengganggu hewan-hewan liar dan terus lestarikan. Demikian tips dari saya. Jika ada yang salah atau ingin menambahkan, silahkan saja melalui komentar.

Oleh Jannu A. Bordineo

(Gambar seluruhnya diambil dari hasil pencarian Google.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang santun dan sesuai dengan isi tulisan.