Tulisan-tulisan yang ada di dalam blog ini dibuat dengan bersusah payah. Hargailah dengan TIDAK meng-COPY/PASTE.

Selasa, 30 Juni 2015

[Opini] Nasib Indonesia Midget Experimental-1 Kini?

Opini oleh Jannu A. Bordineo

Ditengah-tengah kabar tentang pengadaan kapal selam kelas Changbogo yang dipesan pemerintah dari Korea Selatan,  saya malah teringat akan kapal selam rancangan asli Indonesia. Indonesia Midget Experimental-1 atau IM X-1, sebuah kapal selam mini (midget) yang nyatanya telah mampu dirancang sepenuhnya oleh anak negeri.
lautankata.com
Entah bagaimana nasibnya kini. Apakah sudah dikembangkan oleh pemerintah, baik secara terbuka maupun rahasia? Ataukah terlupakan seperti sebelum-sebelumnya?

Saya pun  belum sepenuhnya memahami alasan pemerintah lebih memilih Changbogo. Faktor harga? Nyata IM X-1 lebih murah karena berukuran lebih kecil.  Soal kemampuan? Saya rasa tak jauh berbeda karena midget bisa melakukan semua yang dilakukan kapal selam berukuran standar. Transfer of technology? Teknologi yang seperti apa yang kurang? Bukankah ketepatan rancang bangun IM X-1 sudah banyak yang mengakui?
lautankata.com
Lalu apa lagi? Apa karena kurang percaya diri menggunakan produk dalam negeri? Habibie saja bisa membuktikan kita mampu membuat pesawat terbang. Masak kita yang negara kepulauan dan bernenek moyang pelaut tidak bisa membuat kapal selam?

Atau karena faktor “klasik” itu? Dana yang sewaktu-waktu bisa diselewengkan.

Saya merasa penghargaan pemerintah(mungkin juga kita) masih rendah terhadap karya anak bangsa. Pemikiran bahwa” produk impor pasti lebih bagus” masih saja menguasai.
lautankata.com
Terlepas dari itu semua, saya pernah berandai-andai, betapa hebatnya IM X-1 jika dikombinasikan oleh kemampuan teknologi salah satu putra petirnya Dahlan Iskan.

Ah…, sudahlah!

(18 Februari 2014)
Nb: Sebelumnya dipublikasikan di kompasiana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang santun dan sesuai dengan isi tulisan.